Moeflich Hasbullah: Antologi Pemikiran

Buku Sejarah Sosial Intelektual Islam Indonesia

leave a comment »

Penulis: Moeflich Hasbullah 
Penerbit Pustaka Setia, April 2012, 392 hal.
Pengantar: Dr. Yudi Latif.
Harga Rp. 50.000.

*

Buku ini adalah sebuah kajian tentang Islam Indonesia dengan penghampiran dari berbagai sisi: sejarah, sosial, politik, psikologis dan budaya. Dengan melihat pengalaman sejarahnya yang khas, buku ini dimaksudkan untuk memahami sosok dan wajah Islam Indonesia yang berbeda dari kawasan-kawasan lain di dunia Islam. Tulisan-tulisan didalamnya berupaya mendiskusikan beberapa tema tentang Islam Indonesia dalam ragam persoalan dan perspektifnya. Karenanya, pembahasan buku ini bersifat tematis.

Sebagai kajian tematis, tulisan-tulisan dalam buku ini variatif. Beberapa tulisan bersifat deskriptif dan informatif, sebagiannya merupakan gagasan orisinal dan sebagian yang lain berusaha mengkritisi persoalan-persoalan yang menjadi public discourse dalam Islam Indonesia seperti tentang proses Islamisasi, peranan ulama dalam sejarah, kelas menengah Muslim, sekularisasi, pluralisme, terorisme, Islam liberal, pornografi dan lain-lain dengan satu tema inti: Islam Indonesia. Mudah-mudahan perspektif dalam buku ini bisa diterima sebagai sesuatu yang absah dan, dan lebih dari itu, diharapkan mewakili pandangan yang tidak ditemukan pada tulisan-tulisan lain yang berserakan dalam samudera diskursus Islam Indonesia.

Dengan segala kekurangannya, buku ini berusaha ingin menampilkan sebuah kajian tentang sejarah sosial budaya Islam Indonesia dalam bentang waktunya yang panjang sejak masuknya, masa Islamisasi hingga masa kontemporer yang mudah-mudahan berguna bagi para peminat studi-studi Islam Indonesia khususnya para mahasiswa Islam dari berbagai jurusan. Sebagai kajian analisis, bukan deskriptif naratif, buku ini tidak disusun secara kronologis melainkan disusun berdasarkan tema kajian. Buku ini adalah sebuah perspektif dalam membaca Islam Indonesia, wilayah kajian yang dewasa ini semakin menarik perhatian dunia.

Gambaran tentang Islam Indonesia, dalam banyak hal, didominasi oleh pandangan arus utama yang diproduksi kaum intelektual dan diterima begitu saja sebagai “konvensi kebenaran” kemudian menjadi pegangan bersama. Idealnya, melalui buku ini, penulis ingin melihat celah-celah yang tidak terwakili (subaltern) sebagai pemberontakan gagasan yang berusaha menemukan kekeliruan-kekeliruan dari pemikiran konvensional yang diterima luas. Mohon ampun, bila ini ternyata tidak terbukti apalagi bila ditemukan ternyata argumen-argumennya lemah. Karya ini hanyalah sebuah ijtihad, sebuah perjalanan dan pengembaraan pemikiran yang akan terus mengalami perubahan dan harus berubah. Itu pasti!![]

Peminat:
Temukan di Gramedia dan toko-toko buku terdekat. Bisa pesen ke saya langsung. SMS ke 08562051200, Harga Rp. 50.000 + ongkos kirim.

Written by Moeflich

14/05/2012 at 4:19 pm

Posted in My books

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: